RODENT CONTROL

RODENT CONTROL

Pengendalian Tikus

KERUSAKAN YANG DITIMBULKAN TIKUS

1.Tikus merusak kabel transmisi kendaraan & instalasi kabel dalam bangunan.

2. Tikus bersarang dibalik plafon/gypsum.

3. Tikus merusak jok mobil.

4. Tikus melubangi pintu didalam rumah.

5. Tikus menggigit makanan didalam rumah

6. Tikus meninggalkan kotoran


PERILAKU TIKUS

Salah satu kebiasaan tikus yang merugikan adalah mengasah gigi depannya agar tidak tumbuh menembus rahangnya. Hal ini dapat dilakukan pada kabel-kabel listrik atau komputer, pintu yang terbuat dari kayu, pipa air, pipa listrik dll, dimanapun ia bisa mengerat, maka ia akan mengerat.
Perilaku lain dari tikus adalah bait shyness, kecurigaannya terdapat hal yang baru, sehingga tikus tidak mudah dijebak; atau diberi racun bila mereka melihat bahwa tikus lainnya mati karena memakan racun tersebut seketika. Selain itu tingkat adaptasi tikus sangat tinggi, sehingga penggunaan elektromagnet untuk mengusir tikus hanya akan efektif untuk beberapa saat saja.
Terdapat tiga spesies yang umum yaitu:

  1. Tikus Atap (Rattus rattus),
  2. Tikus Rumah (Mus musculus),
  3. Tikus Got (Rattus novergicus)

TEKNIK PENGENDALIAN HAMA TIKUS

Baiting (Pengumpanan)

Pengendalian hama tikus dengan menggunakan umpan beracun Anticoagulant Poisoning), diletakkan di tempat – tempat yang sering dilalui oleh tikus.

Glue trap

Pengendalian tikus dengan mempergunakan lem yang diletakkan pada papan. Diletakkan di tempat – tempat yang sering dilalui tikus atau tempat – tempat yang tidak bisa mempergunakan racun.

Mouse trap

Pengendalian tikus dengan mempergunakan perangkap hidup.

” Semua metode Initial Treatment dilanjutkan dengan upaya pencegahan (maintenance treatment) dengan pengecekan secara rutin, penutupan akses tikus, dll. “