Jenis hama

PEST CONTROL

Pengendalian hama

Jenis Hama

Kecoa adalah serangga kosmopolitan dan merupakan binatang malam yang sangat senang akan tempat-tempat lembab, kotor, dan banyak terdapat sisa makanan. Tempat hidup kecoa antara lain : celah-celah di sekitar pembuangan air limbah, di dapur, tempat pembuangan sampah, gudang makanan, lemari makan atau di toilet. Kecoa sangat cepat perkembangbiakannya, pertahunnya seekor kecoa betina dapat menghasilkan 4-8 Ootheca dan satu kapsul telur (Ootheca) kecoa dapat menampung 38-42 telur kecoa.

Perilaku nyamuk berbeda untuk masing-masing spesiesnya; sebagai contoh nyamuk demam berdarah aktif pada siang hari, sedangkan nyamuk rumah aktif pada malam hari. Tempat berkembang biak nyamuk demam berdarah pada air bersih, sedangkan nyamuk rumah pada air yang banyak mengandung bahan organik, seperti saluran pembuangan air, got-got dll.

Lalat aktif hanya di siang hari, sedangkan pada malam hari, mereka akan beristirahat di tempat-tempat seperti : tanaman, pagar, langit-langit, kabel listrik dan sudut bangunan. Lokasi istirahatnya tidak jauh dari lokasi mereka mencari makan, biasanya 1-3 meter di atas permukaan tanah.

Jenis Lalat
Terdapat empat spesies yang umum dijumpai, yaitu :
1. Lalat Rumah (Musca domestica)
2. Lalat Hijau (Lucilia sericata)
3. Lalat Biru (Calliphora erythrocephala)
4. Lalat Buah (Drosophila sp.)

Semut selalu meninggalkan jejak berupa feromon yang merupakan alat petunjuk bagi semut lainnya untuk mengikuti jejak rekannya. Semut sangat tertarik dengan makanan yang aromatik dan manis. Menyukai tempat yang lembab dan sarang biasanya terdapat pada celah dekat sumber makanan baik yang berupa cair maupun padat.

Jenis Semut
Terdapat empat spesies yang umum dijumpai, yaitu :

  1. Semut Hitam (Lasius niger)
  2. Semut Api (Solenopsis sp.)
  3. Semut Pharaoh’s (Monomorium sp.)
  4. Semut Lapangan (Formica sp.)